Saturday, July 15, 2017

Pertolongan Pertama Saat Smartphone Jatuh Ke Air


Smartphone kini telah menjadi kebutuhan pokok di beberapa golongan masyarakat. Hal ini karena smartphone memiliki banyak manfaat. Smartphone juga dinilai menjadi penunjang produktivitas seseorang.

Smartphone bagaikan Pisau “Swiss Army” yang memiliki banyak kegunaan. Bukan hanya untuk berkomunikasi, smartphone juga dapat digunakan sebagai media hiburan, bahkan bisnis. Ini hanya beberapa dari keuntungan yang kita dapat dari adanya smartphone.

Namun bagaimana jika smartphone yang kita gunakan masuk ke dalam air? Hal ini pasti tak akan dikhawatirkan bagi para pemilik smartphone keluaran anyar yang memiliki fitur water resistant. Namum bagaimana dengan pengguna smartphone yang tidak tahan air? Pasti akan membuat cemas bukan?

Berdasarkan pengalaman dan hasil baca – baca dari artikel lain, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan ketika smartphone masuk ke dalam air. Ini akan meminimalisir kemungkinan kerusakan pada smartphone.

Jangan Panik
Ini hal yang sepele namun penting. Ketika smartphone anda masuk ke dalam air, segera ambil dan keringkan, namun jangan panik. Jika anda panik dikhawatirkan akan terjadi hal yang lebih buruk lagi.

Matikan smartphone
Jika setelah masuk ke air smartphone masih menyala, maka segera matikan dan cabut baterainya. Ini dilakukan agar smartphone tidak konsleting.

Lepas komponen smartphone yang dapat dilepas


Pertolongan pertama yang dapat anda lakukan yaitu lepas komponen smartphone seperti Baterai, Casing belakang, SD Card, SIM Card, bahkan body luar smartphone jika anda bisa melepasnya. Ini dilakukan untuk mengeluarkan air yang ada di dalam.

Keringkan sebisa mungkin
Anda dapat menggunakan lap kering bahkan kipas untuk mengeringkan smartphone. Usahakan smartphone kering total agar tidak terjadi konsleting lanjutan. Anda juga bisa gunakan Cotton Bud untuk menjangkau daerah yang terkena air.

Masukkan di tempat penyimpanan beras
Yang satu ini memang agak aneh, namun hal ini terbukti membantu mengeringkan smartphone dengan efektif. Sebenarnya saya juga kurang tahu mengapa smartphone dapat kering jika ditaruh di tempat beras.

Bawa ke Service Center
Jika sudah terjadi kerusakan, segera bawa ke Service center terdekat untuk tindakan lebih lanjut. Di Service center biasanya anda akan disuruh untuk membayar hardware yang diganti karena konsleting.

Biasanya jika tidak ditindak secara cepat dan tepat, akan ada kejanggalan yang muncul pada smartphone, diantaranya layar yang berembun, layar menjadi redup, rusaknya speaker, bahkan tak dapat hidup lagi. Maka dari itu pentingnya melakukan pertolongan pertama saat smartphone jatuh ke air.


Itu dia beberapa hal yang dapat anda lakukan jika smartphone masuk ke dalam air. Intinya adalah, kita harus tetap berhati – hati dalam menggunakkan smartphone sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada smartphone. Terima kasih telah berkunjung, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

6 comments

Handphone ane yang dulu juga pernah jatuh,terus dikasir ke sekantung beras,alhasil manjur juga gan hehe

Sangat bermanfaat om thanks ya :)

Alhamdulillah tidak pernah. Bermanfaat artikelnya.

Alhamdulillah hp ku anti air. Sony xperia z1

wah, bagus juga nih tipsnya, thanks min infonya

ane pernah tuh hpne masuk kedalam air, langsung deh ane buka semua hpnya lalu ane masukin kedalam beras dan untungnya bisa nyala lagi