Saturday, July 29, 2017

5 Tips Profesional Mengambil Gambar Menggunakan Kamera Smartphone


Sesuai judul artikelnya, kali ini saya akan membagikan tips mengambil foto dengan hanya menggunakan kamera smartphone baik yang menggunakan OS Android besutan Google maupun IOS besutan perusahaan teknologi buatan Alm.Steve Jobs, yaitu Apple.

Jika dulu, hanya kamera - kamera canggih seperti DSLR dari Cannon, Sony, maupun Nikon yang dapat mengambil foto dengan kualitas mumpuni, kini sebuah gadget yang biasa kita gunakan, yaitu smartphone pun tak mau kalah dengan kamera - kamera canggih lainnya. Meski tak dapat dipungkiri bahwa hasil jepretan DSLR mungkin memiliki kualitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil jepretan smartphone, namun di jaman ini hasil foto dari smartphone pun tak ingin kalah dari DSLR.

Disini saya akan berikan contoh beberapa foto yang diambil dari smartphone besutan Google, yaitu Google Pixel. Foto foto ini saya dapatkan dari akun Instagram Google.


Bagaimana? Tak kalah ciamik bukan dari hasil kamera DSLR? Ini menunjukan bahwa yang terpenting adalah siapa yang memegang kameranya, bukan kamera apa yang dipegangnya. Sederhananya seperti ini. Jika kamu memberikan kamera DSLR kepada seorang yang amatir dalam photography, maka ia hanya akan memotret sesuka hati saja tanpa memikirkan keindahan foto hasil jepretannya. Lain halnya jika kamu berikan kamera DSLR kepada seorang yang profesional, maka hasilnya akan lebih baik dari hasil jepretan si amatir.

Disini, saya akan memberikan tips yang cukup mudah yaitu bagaimana seharusnya cara memotret yang benar serta trik yang bisa anda gunakan demi memperindah foto. Saya sarankan untuk menggunakan smartphone yang memiliki resolusi kamera 13 Megapixel.

1. Jangan gunakan Zoom, cobalah mendekat kepada objek

Fitur zoom pada kamera memang sangat membantu karena dapat memperbesar skala objek yang ditampilkan di smartphone. Namun ini menyebabkan kualitas gambar yang dijepret menurun. Cobalah untuk mendekatkan kamera dengan objek. Dengan begitu, anda akan mendapatkan hasil jepretan yang lebih bagus.

2. Usahakan objek mendapatkan cahaya yang cukup

Kelemahan dari kamera smartphone dibanding kamera DSLR salah satunya adalah buruknya hasil kamera samrtphone jika memotret objek yang kurang mendapat cahaya. Usahakan memotret di pagi hari atau di siang hari. Dengan begitu anda akan mendapat pencahayaan yang cukup.

3. Cari sudut pandang yang berbeda

Jangan memotret di sudut pandag (bahasa inggris : Perspective) yang itu - itu saja. Cobalah untuk menjadi kreatif dengan mencari sudut pandang yang berbeda dari sebelumnya. Coba amati gambar ini, unik bukan?


4. Jadilah kreatif

Ini hal yang penting. Anda dituntut untuk menjadi kreatif jika masuk ke dunia seni, salah satunya seni photography. Berfikirlah kreatif dengan cara mengamati hal disekeliling anda. Gunakan akal dan fikiran anda agar hasil foto menjadi lebih unik dan memiliki nilai lebih.


5. Jangan berlebihan dalam menggunakan filter

Anda boleh saja menggunakan filter yang disediakan di kamera maupun di aplikasi edit foto pihak ketiga, namun saya sarankan untuk tidak berlebihan dalam menggunakan filter. Foto yang menggunakan filter berlebihan akan terkesan 'alay' dimata orang lain.

Terima kasih telah berkunjung, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa komentar yang bermanfaat.