Wednesday, August 16, 2017

Dongkrak Traffic Website Kamu Dengan 10 Tips Dibawah Ini


Bagi para pemilik website yang berbasis Blogger, maupun Wordpress tentunya akan sangat senang ketika pengunjung serta Traffic di website mereka tinggi, dalam artian banyak pengunjung serta aktifitas lainnya di website mereka. Karena poin utama kemajuan sebuah website adalah Traffic yang melimpah.

Yang saya dapat dari pengalaman saya, banyak kawan - kawan Blogger yang akhirnya 'Tumbang' karena Traffic yang tak kunjung meningkat. Ini membuat motivasi mereka dalam ngeBlog turun, sehingga meninggalkan begitu saja Blog yang mereka urus sebelumnya. Hal ini juga sempat terjadi kepada saya di beberapa bulan yang lalu. Namun bukan tanpa sebab, karena pikiran difokuskan terlebih dahulu untuk memasuki perguruan tinggi negeri. Sedikit cerita dari saya.

Kali ini, bersumber dari pengalaman dan dari artikel teman - teman Blogger lainnya, setidaknya ada Sepuluh cara ampuh agar Traffic pada website kita meningkat. Perlu diingat Tips saya akan saya berikan bukanlah tips yang instan. Artinya kita juga perlu berjuang demi meningkatkan Traffic.

Ada banyak cara dalam mendongkrak traffic, bahkan ada cara yang terbilang 'haram' bagi para blogger, yaitu menggunakan jingling atau semacam software yang dapat membuat traffic blog melesat karena dikunjungi oleh robot. Cara ini sangat tidak dianjurkan oleh Google, karena tergolong traffic palsu.

Disini saya akan memberikan tips yang 'halal' dalam meningkatkan traffic di blog. Tips ini sangatlah aman. Banyak blog - blog kecil menjadi besar karena melakukan tips ini.

1. Blogwalking

Bukan tanpa alasan saya menaruh Blogwalking di posisi pertama, karena cara ini memang ampuh meningkatkan traffic pada website. Namun perlu diingat, terlalu sering blogwalking juga tidak baik. Menurut saya, maksimal kita dapat melakukan 3 kali dalam sehari blogwalking pada website kita. Mengapa demikian, karena sumber traffic blogwalking sebagian besar adalah dari sosial media. Jika semua pengunjung berasal dari sosial media kurang baik juga kedepannya.

2. Kenali Para Pengunjung

Masih berhubungan dengan poin pertama,  yaitu blogwalking. Berdasarkan pengalaman pribadi, Tema artikel yang nantinya akan dibuat untuk blogwalking mempengaruhi para teman - teman blogger yang nantinya akan melakukan 'Blogwalk' ke blog kamu. Sederhananya seperti ini, jika kamu berkumpul dengan orang - orang yang senang dengan sepak bola, maka kamu harus ikut mengobrol dengan tema sepakbola pula. Disini saya melakukan blogwalking di grup blogger, jadi tema sebaiknya masih berkaitan dengan blogging. Namun bukan berarti semua artikel kamu harus bertema blogging.

3. Submit Website ke Search Engine

Dengan mendaftarkan website ke Search Engine, maka dapat mempermudah Search Engine Meng-Index website anda sehingga terdaftar di search enging. Mengingat search engine nomor satu didunia adalah Google, maka utamakan submit ke Google search enginge. Namun dengan mendaftarkan website ke search engine bukan berarti website langsung berada di halaman pertama search engine, itu semua butuh proses. Jika artikel kamu dilihat paling relevan dengan kata kunci yang ditulis, kemungkinan artikel kamu akan berada di halaman pertama search engine. Selain Google, ada beberapa search engine yang bisa jadi pertimbangan seperti Bing dan Yahoo.

4. Daftar dan Jadi Advertister di Google AdWord

Google AdWord bisa jadi jurus ampuh bagi kamu yang ingin meningkatkan traffic dengan cepat, namun kamu harus membayar beberapa uang kamu agar website kamu bisa diiklankan. Ketika artikel ini ditulis, minimal pembayaran untuk dapat mengiklankan website kita yaitu Rp 200.000,-. Anda hanya perlu membayar ketika iklan website kamu diklik. Namun ini juga bukan jaminan traffic anda langsung melesat tinggi. Semuanya perlu perjuangan.

5. Rutin Posting

Ini mungkin sepele, namun poin ini penting. Pengunjung akan bosan dengan website kamu kalo isinya tidak up to date. Rutin posting, minimal sehari satu, itu menurut teman - teman blogger yang lain. Jika kamu bisa lebih, silahkan. Namun usahakan setiap hari ada artikel yang bisa kamu posting sehingga website kamu akan terlihat lebih 'berisi'. Pengunjung akan bosan jika blog kamu isinya 'tipis'. Jika artikel kamu sedikit, maka akan menimbulkan rasa tidak percaya terhadap artikel yang ada di blog kamu.

6. Promosi Ke Grup Ataupun Forum

Ini terbukti bisa meningkatkan traffic. Kamu bisa posting ke grup yang berkaitan dengan niche artikel kamu. Misalnya, artikel kamu berniche Berita, maka kamu bisa saja promosi dengan share artikel kamu ke grup regional daerah kamu. Ini sering saya lihat di grup regional daerah saya, yaitu Karawang karena kebetulan saya lahir disana. Banyak orang - orang yang membagikan artikel maupun video agar traffic blog, maupun viewers video mereka meningkat.

Namun perlu diingat, ketika melakukan promosi, pastikan grup atau forum yang menjadi tempat promosi memiliki tema yang berhubungan dengan artikel yang akan dipromosikan. Bisa - bisa kamu jadi korban bullying karena salah alamat hehe.

7. Promosi Offline

Ini istilah yang agak unik sebenarnya. Promosi Offline bisa kamu lakukan dengan memberi tahu teman bahwa kamu memiliki website, caranya dengan beberapa omong kosong hehe. Dengan ini mungkin membuat mereka penasaran serta mengunjungi website kamu. Lumayan untuk membuat website kamu sedikit tenar.

Selain itu, ada beberapa cara lagi untuk melakukan promosi offline, yaitu dengan membuat stiker, kaos, jaket, maupun yang lainnya yang bertuliskan identitas website kamu. Ini pernah saya lihat di beberapa waktu kebelakang.

8. Pemberian Judul Artikel yang Tepat

Dengan memberikan judul yang tepat pada artikel, maka akan mengundang viewers untuk mengunjungi blog kamu. Buatlah judul semenarik mungkin, seunik mungkin. Dengan kata - kata ajakan misalnya, atau kata - kata peruasif.

Misalnya, judul sebelumnya adalah "Cara Meningkatkan Traffic Website". Kita dapat membuat judul lebih menarik, misanya "Website Kebanjiran Traffic, Berikut Tipsnya". Lumayan menarik dari seorang newbie bukan? hehe

9. Gunakan Widget 'Populer'

Widget ini terbukti meningkatkan traffic dengan cara menampilkan artikel terpopuler pada website. Ini membuat para pengunjung membuka artikel tersebut sehingga traffic terus meningkat. Widget ini juga digadang - gadang merupakan widget wajib bagi para pelamar Google Adsense, itu kata teman - teman blogger. Selain itu, ada widget Label yang juga disebut sebagai widget wajib Google Adsense.

10. Berdo'a

Kekuatan do'a sudah tidak bisa dipungkiri, apalagi do'a ibu, hehe. Setelah berjuang dengan mengikuti tips diatas, alangkah baiknya dilengkapi dengan do'a yang tulus serta ikhlas. Saya jadi ingat perkataan seorang teman, 99 persen usaha, satu persen do'a, Insya Allah akan dikabulkan dan terbayar semua keringat kita, meskipun blogging sebenarnya tidak mengeluarkan keringat, hehe just kidding.

Itu dia cara meningkatkan traffic website kita. Bila ada saran dan koreksi, silahkan muat dan kirim lewat kolom komentar. Kami sangat terbuka menerima saran yang membangun. Semoga pengunjung blog kita semua meningkat. Terima kasih telah berkunjung, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.