Saturday, July 15, 2017

Cara Hemat Baterai Android, Hingga 50%


Salah satu kendala dari sebuah perangkat saat ini adalah ketersediaan daya listrik pada baterai. Jika anda memiliki perangkat yang dapat menampung daya cukup besar, maka ini bukanlah masalah bagi anda. Namun berbeda dengan perangkat yang memiliki baterai dengan kapasitas rendah. Jika daya pada baterai habis maka perangkat akan mati dan produktivitas kita dapat menurun.

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghemat baterai perangkat anda. Beberapa perangkat dengan OS Android terbaru mungkin telah mendapatkan fitur "Battery Saver" namun ini dirasa kurang cukup karena baterai hanya dapat bertahan sebentar.

Ada beberapa cara lainnya yang dapat anda lakukan untuk menghemat baterai selain menggunakan Power Saver, diantaranya sebagai berikut.

1. Turunkan kecerahan layar
Jika anda menggunakan perangkat dengan kecerahan tinggi, itu akan membuat perangkat menguras daya lebih cepat. Cobalah untuk meredupkan layar sehingga konsumsi daya menjadi lebih rendah.

2. Matikan koneksi
Koneksi internet menjadi fitur yang memakan banyak daya pada baterai. Nyalakan koneksi ketika perlu saja, ini membuat smartphone dapat bertahan hingga 30% lebih lama dibandingkan dengan kondisi menyala.

3. Gunakan mode "Airplane"
Mode airplane terbukti membuat perangkat lebih tahan lama. Namun ketika anda mengaktifkan mode ini, konsekuensinya koneksi internet akan mati serta orang lain tak dapat menghubungi anda lewat smartphone.

4. Jangan biarkan perangkat mengalami "Overheat"
Overheat atau terlalu panas, menandakan bahwa perangkat sedang berkerja keras menjalankan perintah. Biasanya perangkat akan mengalami overheat ketika digunakan untuk bermain game, internet, dan menonton video.

5. Gunakkan Sinyal 2G
Jika anda ingin baterai tetap hemat namun tetap dapat dihubungi oleh orang lain lewat smartphone, gunakkan Sinyal 2G. Sinyal 2G lebih sedikit memakan daya dibanding sinyal 3G.

Itu dia beberapa hal yang dapat anda lakukan agar baterai perangkat anda tetap awet. Terima kasih telah berkunjung, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Selamat berkunjung kembali.

1 comments so far

Bisa dicoba nih agar awet baterainya 😀
Makasih infonya