Friday, July 28, 2017

Ternyata Bakteri Smartphone Lebih Banyak dari Bakteri Kursi Toilet


Jika anda berfikir bahwa bakteri terbanyak dapat ditemukan di kursi toilet, tong sampah, bahkan remote TV sekalipun, anda salah. Faktanya berdasarkan beberapa studi yang dilakukan oleh para ilmuan, membuahkan hasil yang mengejutkan bahwa bakteri di layar smartphone lebih banyak dan lebih berbahaya dibanding bakteri di kursi toilet. Bagaimana bisa?

Dalam sebuah studi pada 2011 lalu yang dilakukan oleh peneliti dari London School of Hygiene & Tropical Medicine, ditemukan setidaknya bakteri yang lebih banyak pada satu dari enam ponsel yang diteliti. Bahkan hasilnya lebih mengejutka, bahwa bakteri yang terdapat pada ponsel tersebut lebih banyak dibanding bakteri kursi toilet.

Hal ini tentu masuk akal, karena jika diamati, setiap harinya manusia selalu menyentuh atau memegang benda yang kehigienisannya diragukan. Bahka ada beberapa orang yang memiliki perilaku kurang higienis seperti mengupil tanpa mencuci tangannya, tidak membersihkan tangan setelah memegang benda yang sifatnya umum, dll.

Berdasarkan penelitian Profesor Gerba, bahwa bakteri yang terdapat pada smartphone begitu dekat dengan tangan dan mulut pengguna. Ini bisa  terjadi karena mungkin pengguna malas membersihkan tangan setelah mengkonsumsi sesuatu.

“Kuman akan lebih mudah dihantar pengguna langsung ke mulut atau wajah, karena media transfernya sangat dekat,” jelasnya.

3 comments

waduh harus sering2 bersihin hp nih gan biar gk banyak kuman nya

wah bahaya nihhh... bisa penyakitan

Waduhh ngeri yaa baru tauu kalo handphone memiliki banyak bakteri, harus rajin bersihin handphone nih biar trtap higienis