Tuesday, August 1, 2017

5 Cara Irit Kuota Saat Blogging


Dunia Blogging telah dikenal sejak lama oleh banyak orang terutama para pengguna Internet. Blog dikenal sebagai salah satu jenis website yang pada umumnya berfungsi sebagai wadah si penulis dalam menyimpan karyanya sekaligus membuat karyanya dapat diketahui orang banyak.

Namun di era ini, fungsi blog telah berkembang menjadi lebih baik serta lebih mencakup area yang luas. Ada beberapa blogger yang memanfaatkan blog sebagai wadah ceritanya, hasil karya tulisnya, bahkan sebagai penghasilan sampingan.

Para blogger yang menggunakan blog sebagai 'penghasilan sampingan' mereka dituntut untuk konsisten dalam dunia blogging. Ada beberapa dari mereka yang mempelajari bahasa pemrograman sampai memperlajari Ilmu SEO.

Namun terkadang keinginan menjadi konsisten di dunia blogging menjadi terhalang akibat keterbatasan akses internet atau kasarnya kuota internetnya telah habis. Ini menjadi salah satu halangan bagi para blogger yang ingin konsekuen pada dunia blogging.

Kali ini, IDNoobers akan memberikan setidaknya 5 Tips yang dapat diterapkan oleh para blogger agar kuota internetnya tetap irit sehingga dapat konsisten di dunia blogging. Apa saja tipsnya? Ini dia.

1. Gunakan Internet Seperlunya

Jika anda memang ingin konsisten pada dunia blogging, maka gunakanlah akses internet anda jika ada keperluan dalam ngeBlog. Untuk sementara, tinggalkan dulu seperti streaming Youtube, Social Media, atau apapun itu yang sekiranya membuang - buang kuota.

2. Buat Konten Secara Offline

Blogger memang sudah menyediakan sapce untuk para blogger jika ingin membuat konten. Namun saya sarankan untuk membuat konten secara Offline. Anda dapat menggunakan MS. Word ataupun Libre Office sebagai tempat anda dalam membuat konten.

3. Cari Gambar Pendukung Setelah Konten Selesai Di Buat

Jangan cari gambar sebelum konten rampung dibuat. Jika konten telah dibuat, kita dapat menyesuaikan gambar mana yang dapat kita gunakan di konten kita. Usahakan Gambarnya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar karena dikhawatirkan jika ukuran gambarnya terlalu besar, maka akan membuat lalu lintas data yang digunakan akan besar pula untuk mengupload gambar.

4. Cari Inspirasi Secara 'Offline"

Banyak blogger yang malas cari inspirasi sehingga mereka mencari inspirasi di Internet, dan akhirnya membuat artikelnya dengan tema yang hampir sama dengan inspirasinya. Usahakan ide datang dari diri sendiri. Jika bingung harus posting apa, cobalah keluar dan amati lingkunan sekitar.

5. Pake Wifi

Sekarang ini, banyak tempat tempat seperti kafe, angkringan, yang menyediakan free wifi di tempatnya. Namun anda tetap harus mengeluarkan biaya untuk membeli produk jualannya.

Terima kasih atas kunjungannya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.