Thursday, August 10, 2017

A Blogger’s Story : Tempat Khusus Cari Ide Menulis


Kali ini kita akan bahas tentang bagaimana seorang Blogger dalam mencari ide untuk artikelnya. Sebelumnya, bukan ingin menggurui namun hanya sekedar berbagi pengalaman ke sesama agar dapat diambil manfaatnya.

Sebelum menulis, biasanya pasti cari ide atau inspirasi dulu bukan? Apa sih yang mau kita tulis kalau ga ada idenya? Gaada kan? Kecuali kamu pasukan Copy Paste, karena cuma salin dan menempel karya seseorag tanpa izin bukanlah hal yang baik. Kecuali kamu sudah minta izin dari pemilik karya tersebut, maka itu lain cerita.

Well Done Is Better Than Well Said. - Benjamin Franklin.

Blogger yang bagian dari pasukan Anti Kopas Kopas Club (Kopas : Kopi Paste), pasti akan memikirkan terlebih dahulu kerangka artikel yang nantinya akan mereka posting. Misalnya dari temanya sendiri, judulnya, pembukaannya, hingga ke isi dan penutupnya. Kerangkta tersebut akan mereka susun dengan otomatis di pikiran dalam berupa perencanaan. Jadi nantinya ketika ingin langsung menulis, ia tidak bingung apa yang harus ia lakukan terlebih dahulu karena sudah terencanakan.

Kembali ke judul. Dalam mencari ide ataupun inspirasi, ada banyak cara dan tempat dimana kamu bisa menemukan ide yang menurutmu menarik untuk disinggung. Beberapa cara misalnya pergi berlajan ke tempat wisata, berkumpul dengan sebuah komunitas, hingga terjun ke lingkungan masyarakat. Kegiatan itu bisa mendatangkan inspirasi yang nantinya bisa kamu jadikan sebuah karya yang berupa artikel.

Dream Big, Set Goals, Take Action. - Anonim.

Jika tadi caranya, sekarang kita bahas tempatnya. Ada banyak banget tempat dimana kamu bisa cari ide untuk diposting. Ini tidaklah mutlak, kamu bisa dapat ide DIMANA SAJA. Ini benar, seperti di rumah, di kamar kost, di tempat nongkrong, di warnet, bahkan di Toilet.

Jika kamu sekarang ada di depan Laptop/PC/Smartphone sedang berpikir untuk membuat suatu artikel namun tidak punya ide, lupakan dahulu sejenak gadget yang barusan disebutkan. Keluarlah, misalnya ke halaman rumah, berkumpul dengan teman atau keluarga, atau makanlah terlebih dahulu. Datangnya ide tidak bisa dipaksakan. Itu akan datang dengan sendirinya.

If I Try My Best And Fail. Well, I've Try My Best. - Steve Jobs.

Sebenarnya datangnya ide bisa saja agak “Dipaksakan” dengan teknik ‘Amati, Tiru, dan Modifikasi’. Kamu baca dahulu artikel yang kira – kira menarik untuk dibahas, dan kamu tiru. Setelah itu, modifikasilah dengan gaya kamu sendiri. Saya sendiri pernah menggunakan cara ini, namun saya kurang menyukainya karena kita seolah dipaksa untuk memahami persis apa yang ada di dalam artikel yang akan ditiru.

Tempat favorit saya sendiri ketika mencari ide adalah Toilet, dan ini benar adanya. Tidak tahu mengapa, namun ketika saya pergi ke toilet untuk BAB, pasti ada saja ide yang muncul untuk dijadikan artikel. Ini memang aneh, namun toilet sudah seperti ‘perpustakaan’ yang memunculkan ide bagi saya, hahaha.

Selain toilet, biasanya saya akan mendapat ide postingan setelah bangun tidur. Pikiran memang sering kemana – mana ketika bangun dari tidur. Air putih juga mampu membuat pikiran anda setidaknya agak jernih dalam berpikir. Cobalah minum air putih segelas.

Terima kasih telah membaca dan berkunjung. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.