Tuesday, August 8, 2017

Beauty Of Indonesia : Kota Kecil Penuh Keindahan, Purwakarta Istimewa


Banyak sekali kota yang memiliki keindahan tersendiri di Indonesia, namun kali ini IDNoobers akan membahas suatu kota yang letaknya bersebelahan dengan kota kelahiran saya yang berada di Provinsi Jawa Barat. Yaitu Purwakarta.

Purwakarta adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat. Nama kotanya memang tidak setenar kota - kota indah lainnya seperti Bandung, Malang, Semarang, dan kota - kota indah lainnya. Namun jika dilihat dari keindahan dan kebersihannya, kota ini tidak kalah dari kota - kota besar lainnya. Mulai dari Kebersiha, tata kota, kedisiplinannya, serta terkenal sebagai tempat main para ABG.

Sebenarnya nama kota Purwakarta sempat tenar di masyarakat setelah Bupati Purwakarta, H. Dedi Mulyadi, S. H. meresmikan Taman Air Mancur Sri Baduga, yang dinobatkan sebagai AIR MANCUR MENARI TERBESAR DI ASIA TENGGARA!. Hebat bukan? Dan lebih hebatnya lagi, pemerintah daerah Purwakarta Mengratiskan semua masyarakat untuk datang, masuk, dan melihat keindahan Taman air mancur menari ini.


Untuk kamu para travelers yang ingin menyaksikan keindahan air mancur ini, kamu dapat melihatnya di dua sesi, yaitu Pukul 19.00 dan 21.30 WIB. Ini 100 Persen Gratis. Bersiap untuk bersorak sorai bersama pengunjung lain yang bergembira disana.

Selain wisata kota, ada banyak wisata alam yang bisa kamu kunjungi. Jika kamu ingin menjajal wisata alam yang memberikan ketenangan pada jiwa kamu yang mungkin sedang resah, kamu bisa coba beberapa wisata alami seperti Curug Cijalu, Curug Sadim, Curug Capolaga, dan Pemandian Air Panas Sariater.

Curug Capolaga

Bagi kamu yang suka mendaki gunung, ada setidaknya Dua Gunung yang bisa kamu daki bersama teman kamu. Gunung tersebut diantaranya Gunung Bongkok dan Gunung Lembu. Memang tidak terlalu tinggi seperti Gunung lainnya, namun bagi kamu yang masih Newbie di dalam mendaki gunung, kamu bisa coba memulai latihan mendaki dengan menjajal dua gunung ini.

Going To The Woods Is Going Home. John Muir

Kamu yang suka Rock Climbing bisa coba untuk memanjat tebing Gunung Parang yang lumayan menaikan adrenalin kita. Bagi kalian yang berminat, kalian bisa datang ke Purwakarta. Keamanannya pun terjamin karena ada petugas yang siap siaga bersama kamu ketika memanjat tebing dan pastinya kita dilengkapi dengan Safety Gear agar kita selalu merasa aman.

Gunung Parang

Semua wisata alam tersebut berada diluar kota, yaitu terdapat di beberapa kecamatan di sekitar Purwakarta. Jadi lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Jika menggunakan sepeda motor, mungkin hanya 1 - 2 jam perjalanan.

Bagi kamu yang menggunakan sepeda motor untuk langsung ke TKP, diharapkan agar selalu berhati - hati ketida mengendarai sepeda motor. Ini dikarenakan jalan yang menanjak serta berbelak - belok. Jika tidak hati - hati, kamu bahkan bisa jatuh ke jurang. So, selalu waspada dan safety first.

Berbeda lagi jika kamu berangkat atau pulang saat di malam hari. Kamu harus ekstra waspada dari sebelumnya karena minimnya lampu penerangan yang ada di sekitar jalan. Diharapkan sebelum berangkan , alangkah baiknya mengecek kondisi lampu baik itu lampu jauh maupun lampu dekat sepeda motor.

Kamu juga harus membawa Jas Hujan karena daerah sepanjang jalan sering hujan. Jika kamu yang terlanjur tidak membawa jas hujan, segera mencari tempat untuk berteduh. Ada banya tempat berteduh disana, seperti SPBU, warung kopi, hingga Kedai Penjual Oleh - Oleh.

Teruslah Bersyukur Atas Keindahan Pada Ciptaan-Nya, Bisa Jadi Besok Atau Lusa Kita Tidak Bisa Melihat Kebesaran-Nya. Anonim

Bicara soal oleh - oleh, ada beberapa makanan yang bisa kamu beli untuk dijadikan oleh - oleh, seperti nanas, Peyeum, hingga Kerupuk Melarat. Namun, saya sarankan agar hebatlah dalam menawar, karena yang namanya tempat menjual oleh - oleh, pasti harganya agak mahal dari biasanya.

Kembali lagi ke kota, Purwakarta terkenal akan kedisiplinannya yang tinggi. Jangan harap kamu bisa dengan santai menggunakan sepeda motor tanpa spion, atau mungkin menggunakan knalpot racing. Kamu akan dikejar oleh pak polisi yang siap memberi kamu sanksi karena telah melanggar aturan. So, jika kamu ingin main ke sini, kamu harus tertib berlalu lintas.

Kualitas pendidikan di kota ini juga lumayan tinggi. Tak heran jika banyak siswa dari luar kabupaten yang ingin sekolah di kota ini. Ada beberapa SMA yang menjadi favorit para siswa seperti SMAN 1 Purwakarwa dan SMAN 2 Purwakarta.

Hak para pejalan kaki juga sangat dihargai disini, karena hampir seluruh jalan utama dilengkapi dengan trotoar yang dapat digunakan oleh para Pedestrian. Jadi kalo kamu lebih senang berpergian dengan berjalan kaki, ini kota yang pas buat kamu tinggal.


Terima kasih telah berkunjung dan membaca, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua serta menjadi inspirasi kota - kota lainnya agar Indonesia menjadi negara yang lebih indah serta ramah bagi kita semua. Selamat berkunjung kembali.