Friday, August 4, 2017

Masih Ingat? Ini 5 Mainan Anak Era 90-an Yang Serunya Minta Ampun


Mainan di era sekarang semakin lama semakin berkembang mulai yang yang berbahan dasar kayu maupun yang berbahan dasar plastik, bahkan permainan kini dapat dimainkan di smartphone maupun laptop.

Kita akui, semakin lama mainan tradisional semakin sedikit peminatnya dan bahkan bisa punah keberadaannya. Ini terjadi karena anak jaman sekarang lebih memilih permainan yang berbasis online baik di Laptop maupun di Smartphone. Permainan yang berbasis online ini sebenarnya kurang baik bagi anak - anak yang kita ketahui usianya sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Game online bisa membuat para pemainnya kecanduan dan dari kecanduan tersebut dapat timbul hal - hal negatif lainnya seperti bolos sekolah, malas belajar, dan yang lainnya.

Bagi kamu yang lahir di era 90-an, masih ingat gak sih mainan yang dulu sering kita mainin bareng teman - teman kecil dahulu. Pasti masih ingat kan? Keseruan bermain permainan tradisional bersama teman memang serunya tiada tara. Kesenangan ini menjadi kenangan yang akan diingat oleh kita semua dan akan menjadi cerita yang selalu membuat tawa bahagia ketika diceritakan.

Beberapa mainnan tradisional ini mungkin punya nama yang berbeda-beda di beberapa daerahnya. Contohnya Gasing. Di beberapa tempat gasing disebut sebagai Panggal, dan Kelereng di beberapa tempat disebut Gundu.

Lalu apa ajasih permainan tradisional yang dulu sering dimainkan di era 90-an?

Congklak


Permainan yang seperti  terlihat simple ini sebenarnya perlu keahlian dalam berstrategi ketika memainkannya. Di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, permainan ini biasa disebut Dakon. Di permainan ini kita akan memindahkan batu atau cangkang kerang dari satu lubang ke lubang yang lainnya.

Layang - Layang



Layang - layang juga punya keseruan yang tiada tara. Biasanya Layang - layang diterbangkan di lapangan yang bebas akan kabel maupun pohon - pohon tinggi. Dalam bermain layang - layang, kita dihimbau untuk bermain di area seperti lapangan agar mencegah layangan tersangkut di kabel maupun pohon. Di beberapa daerah di Jawa Barat, jika ada layangan yang putus atau jatuh, biasanya anak - anak meneriakkan 'Timpel' yang menandakan bahwa ada layangan yang jatuh dan siap di ambil bagi yang mendapatkannya. Unik bukan?

Kelereng


Kelereng berupa sebuah bola kecil yang biasanya terbuat dari kaca. Peraturan dalam bermain kelereng biasanya berbeda tergantung di daerahnya masing - masing. Bermain kelereng tak dibatasi jumlah pemain, asalkan kamu punya kelereng, kamu bisa ikut bermain.

Tamagotchi


Ini bisa dibilang gadgetnya anak era 90-an. Sebenarnya permainnan sudah termasuk permainan yang modern karena sudah menggunakan sebuah perangkat elektronik yang membutuhkan daya untuk menyalakannya. Di perangkat ini, nantinya kamu akan memiliki peliharaan 'virtual' yang bisa kamu rawat dari kecil hingga dewasa. Agar bertumbuh dewasa, kamu harus memberinya 'makan'.

Kapal Otok - otok


Dari namanya saja sudah unik bukan? Kapal ini disebut demikian karena jika kita menyalakannya dengan memberi bahan bakar yang berupa minya tanah di dalamnya, maka kapal akan berjalan dan mengeluarkan suara Otok - otok.

Terima kasih telah berkunjung, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupakan kenangan indah masa kecil guys.