Wednesday, August 2, 2017

Beauty Of Indonesia : Kota Malang, Dari Kota Pendidikan Hingga Bumi Arema


Dingin, ramai, cerah, indah, serta bersahabat, mungkin kata - kata itu yang saat ini bisa menggambarkan seperti apa kota Malang. Sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kota ini terletak 90 kilometer sebelah selatan surabaya. 

Hidup Harus Terus Berlanjut, Tidak Peduli Seberapa Menyakitkan Atau Membahagiakan. Biar Waktu Yang Menjadi Obat. - Tere Liye

Jika kamu berfikir bahwa kota Malang memiliki nasib yang 'Malang' maka kamu salah besar. Faktanya, kota ini jauh dari kata 'Malang' yang bisa diartikan menyedihkan. Kota Malang memiliki segudang keindahan yang bisa kamu telusuri mulai dari masyarakatnya, tempat wisatanya, serta spot - spot kota yang tidak bisa kamu kunjungi di kota - kota lainnya.

Jika berbicara tentang julukan kota Malang, kota ini punya banyak julukan dari mulai Malang Kota Dingin, Malang kota Selfie, Malang kota wisata, Malang Kota Bunga, hingga julukan yang paling sangar, Malang Bumi Arema.

Balai Kota dan Tugu Kota Malang

Suhu di kota Malang memang lumayan dingin, bahkan di pagi hari suhunya pernah mencapai 16 derajat celcius. Penyebab yang menjadikan kota ini begitu dingin adalah kota ini diapit oleh beberapa pegunungan. Pegunungan ini juga menjadi spot wisata para 'Travellers' sebagai tujuan wisata mereka.

Bukan hanya dari dalam negeri, bahkan pengunjung kota Malang banyak dari luar negeri atau istilah gaulnya 'Bule'. Jika kamu main ke Balai Kota misalnya, jangan kaget kalau ada beberapa bule yang sedang berkeliling menyusuri keindahan kota Malang.

Kota Malang bukan cuma Indah di lingkungan kota, tapi juga indah di wilayah 'plosokan'. Banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya air terjun. Warga setempat menyebut air terjun dengan kata 'Coban'. Terlebih air terjun yang airnya dingin, ditambah suhu wilayah yang dingin pula, kamu bakal dibuat seger abis.

Kota ini kerap disebut sebagai kota pendidikan karena di kota ini terdapat banyak sekali perguruan tinggi mulai dari Universitas, Politeknik, Akademi, hingga Institut ada disini. Kita ambil beberapa contoh seperti Universitas Brawijaya, Politeknik Negeri Malang, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Islam Negeri Malang, dan masih banyak lagi. Tak heran kota ini ramai karena banyak mahasiswa luar kota yang tinggal sementara dengan cara ngekost. Kota ini bisa jadi kota reverensi kamu yang nantinya mau melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Komplek Universitas Brawijaya
Jangan takut susah cari kost jika kamu berencana kuliah di kota malang, karena banyak sekali warga yang menyediakan tempat kost yang lokasinya dekat dengan kampus. Mulai dari tempat kost yang 'High End' hingga yang standar ada di Kota Malang. Harganya pun gak mahal.

Lek Kuliah Butuh Skripsi, Lek Aku Butuh Resepsi. - TumblrNgalam

Kalau kamu cari tempat kost yang gak terlalu mahal, cari tempat kost yang gak terlalu dekat dengan kampus. Ada beberapa tempat kost yang bahkan ada di 'sebelah' kampus itu sendiri. Tapi kamu yang gak mau capek dalam perjalanan ke kampus bisa ambil tempat kost seperti ini.

Kata 'Jauh' dari kost - kostan juga sebenarnya tidak terlalu jauh jika kamu telah hafal dengan lalu lintas kota Malang. Karena banyak sekali jalan yang bisa kamu telusuri di kota ini sehingga bisa menjadi 'Jalan Pintas' kamu ke kampus.

Ketika kamu menyusuri kota Malang, jangan kaget jika banya orang baik mengendarari sepeda motor maupun berjalan di bahu jalan yang menggunakan Tas punggung dan menggunakan kemeja ataupun pakaian rapih lainnya karena mereka adalah Mahasiswa yang sedang kuliah. Tak heran jika 50 persen jalan raya di pagi hari didominasi oleh para mahasiswa.

Kalo soal kuliner, kota ini jagonya. Banyak banget kuliner khas Malang dan khas luar kota yang bisa kamu temukan. Kota Malang identik dengan kuliner Bakso atau penduduk setempat biasa menyebutnya 'Pentol'. Harganya pun sangat terjangkau, dengan uang Rp 8000 kamu bisa menyantap seporsi Bakso Malang yang terdiri dari Beberapa Pentol, Goreng, Siomay, Serta Mie.

Ada beberapa kuliner khas luar kota seperti Soto Lamongan, hingga Nasi Uduk Khas Jakarta. Soto Lamongan dihidangkan dalam mangkuk yang berisi soto, kuah, seta nasinya yang dicampur menjadi satu. Soto biasa dihidangkan kondisi hangat.

Buat anak kost, jangan takut kritis di saat tanggal muda, karena banyak kuliner yang harganya sangat terjangkau disini. Untuk sarapan, kamu bisa pilih Nasi Pecel sebagai menu sarapan kamu. Nasi yang dihidangkan dengan sayur sayuran  seperti toge, daun singkong, dan kacang panjang, di hujani oleh bumbu pecel yang bikin kamu kenyang sepanjang hari.

Nasi Pecel, Malang

Julukan lain kota Malang adalah kota bunga. Ini bukan tanpa sebab karena pada zaman dahulu Malang dipenuhi oleh bunga - bunga seta pohon - pohon yang membuat keindahan kota ini semakin apik. Malang juga kerap disamakan dengan kota Parisnya Jawa Timur. Malang juga sering disebut Zwitserland van Java karena kondisi kotanya mirip dengan Swiss.

Julukan Bumi Arema muncul karena kota ini adalah buminya tim sepakbola yang cukup terkenal, yaitu Arema. Arema sendiri adalah singkatan dari 'Arek Malang' yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia yaitu Anak Malang. Para Fans yang biasa disebut 'Aremania' ini sangat setia kepada tim favoritnya serta fansnya dikenal kompak serta solid antara satu sama lain.

Dadi Aremania Iku Pilihan, Guduk Paksaan. Gak Mergo Lahiran Opo Pacaran. Iki Malang

Malang juga terkenal denga 'Bahasa Kewalik', artinya ada beberapa kata yang penyebutannya dibalik, seperti Kamu menjadi 'Umak'. Bahasa kewalik ini tidak diketahui siapa pencetusnya namun ini telah menjadi ciri khas kota Malang. Unik bukan?

Ngenteni Udan Mandek Karo Ngenteni Umak Peka Podo Suwene. - Iki Malang

 Ada salah satu wisata yang mungkin gaada di beberapa kota lainnya, yaitu  Paralayang. Kamu akan diajak terbang menggunakan Paralayang yang 'take off' dari Gunung Banyak, Kota Batu, Malang. Ini cocok bagi kamu yang suka wisata menantang. Tapi jangan takut, wisata Paralayang dibekali safety yang terjamin dan kamu ga akan terbang sendiri, melainkan sama instruktur disana.

Wisata Paralayang, Batu. Kota Malang

Jika kamu ingin 'rasa' yang berbeda ketika mengunjungi Gunung Banyak, Cobalah kunjungi wisata Gunung Banyak pada Malam hari. Kamu akan disuguhi pemandangan malam kota Batu, Malang yang penuh dengan lampu - lampu. Ini bisa jadi spot 'Hunting' terbaik kamu di kota Malang dengan kumpulan cahaya yang menghiasi background foto kamu.

Gunung Banyak
Terima kasih telah berkunjung dan membaca sedikit cerita dari Kota Malang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi kalian yang ingin kuliah, berwisata, atau sekedar 'cari jodoh' di kota Malang. Salam hangat dari Kota Malang.