Wednesday, August 9, 2017

A Blogger's Story : Sulitnya Menjaga Konsistensi


Mungkin bayangan para masyarakat yang masih awam dengan dunia Blogging bahwa Blogging itu sangatlah mudah, anda hanya perlu menulis, dan anda sudah dapat dipanggil dengan sebutan Blogger. Mungkin itu bisa dibilang benar juga. Namun, apakah mereka tahu apa saja rintangan yang harus dilewati para Blogger?

Disini saya tidak akan bahas satu persatu rintangan yang para Blogger lewati, namun hanya satu yang akan saya bahas di artikel yang saya buat di pukul 12 malam ini, hehe. Perlu diingat bahwa poin yang akan saya jelaskan dan jabarkan disini adalah poin yang sangat penting, yaitu Konsistensi. So, simak dengan baik - baik.

Sukses Biasanya Akan Datang Pada Mereka Yang Terlalu Sibuk Mencarinya. - Anonim.

Sebenernya apa sih konsistensi? Bagaimana sih biar kita jadi orang yang Konsisten? Apa sih manfaatnya kalo konsistensi? Pertanyaan ini sudah sering terdengar di pikiran saya karena pertanyaan ini memang muncul di benak saya.

Menurut saya dan menurut pemikiran saya, konsisten adalah poin yang paling penting dalam melakukan suatu hal, seperti Blogging. Butuh contoh? Seperti ini, misalnya kamu adalah seorang blogger yang baru mengenal Blogging 2 tahun yang lalu. Di tahun pertama, Kamu memutuskan untuk membuat blog dan mengisinya dengan konten - konten yang kamu buat secara 100 persen original buatan kamu. Di tahun kedua, semangat kamu dalam dunia blogging sudah mulai kendor karena berbagai macam alasan seperti sibuk tugas, sibuk pacaran, sibuk main, bahkan sampai frustasi karena tidak diterima di program Google Adsense.

Tuhan Tidak Menuntut Kita Sukses. Tuhan Hanya Menyuruh Kita Untuk Berjuang Tanpa Henti. - Cak Nun.

Kita mundur sedikit dari pembahasan sebelumnya. Dari awal, apa tujuan anda Blogging? Biasanya ada dua tipe jawaban yang beredar di antara para blogger di dunia. Yang pertama hanyalah sebagai wadah sharing Ilmu pengetahuan serta pengalaman. Yang kedua adalah sebagai sumber penghasilan sampingan bahkan pokok. Nah bagi kamu blogger tipe Kedua, biasanya akan diuji konsistensinya dengan cara ditolak bergabung di program Google Adsense. Saya berani beropini seperti ini karena saya pernah mengalaminya.

Saya sendiri mengenal dunia Blogging saat duduk di bangku SMP, dan Alhamdulillah saat artikel ini ditulis, saya sudah menginjak bangku kuliah di salah satu kampus negeri di kota Malang. Sedikit cerita, dikala duduk dibangku SMP, saya sangat menggemari dunia Militer dari Militer Indonesia bahkan Militer Dunia. Itu membuat saya memutuskan  membuat blog dengan niche seputar berita dan artikel yang berkaitan dengan dunia militer. Saya tentunya tidak sendiri bergelut di dunia Blogging. Ada sahabat seperjuangan saya yang Alhamdulillah sampai sekarang kami masih bersahabat dan berkomunikasi dengan baik meskipun dia sekarang telah di Kota Bandung untuk meneruskan jenjang pendidikannya di bangku kuliah.

Ia juga menggemari dunia militer seperti saya. Hobi serta minat yang sama membuat kami sampai sekarang ini dan semoga sampai akhir terus bersahabat. So, kami bersaing dan saling berbagi tips dalam mendapatkan pengunjung blog.

Saat blog pertama saya liris, saya tidak mengetahui bahwa dengan blogging kita bisa mendapatkan pundi - pundi uang, karena fokus saya waktu itu hanyalah satu, yaitu mendapat pengunjung blog sebanyak - banyaknya.

I Walk Slowly, But I Never Walk Backward. - Abraham Lincoln.

Jika dihitung, saya setidaknya sudah membuat 5 blog yang akhirnya sia sia. Dan ternyata setelah saya pikir - pikir apa yang salah, ternyata jawabannya sangatlah simple, Konsisten.

Cukup dengan cerita - ceritanya, kembali ke masalah konsistensi. Konsistensi jelas mutlak dibutuhkan jika ingin mahir bahkan sukses di suatu bidang. Kamu ingin contoh? Oke saya ambil contoh dari CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Jika kamu ingin mengetahui seberapa besar konsistensinya, bahkan ia merelakan kuliahnya di Harvard hanya karena ingin fokus dalam jejaring sosial media terbesar saat ini, Facebook.

Nah, dari konsistensi itulah akan diiringi dengan sifat rajin, pantang menyerah, setra Pantang Pulang Sebelum Menang. Kamu akan mendapatkan sukses yang kamu inginkan jika jadi orang yang konsisten.

Banyak tips yang sering dipost oleh para Blogger seperti Posting setiap hari, Blogwalking, Promosi Offline, hingga menyewa space iklan. Namun, menurut saya itu semua akan percuma jika tidak konsisten dalam hal yang sudah kita mulai sebelumnya.

So, buat para blogger yang masih menunggu kepastian dari Google Adsense, jangan menyerah yaa. Ingat, konsisten adalah kuncinya. Terima kasih telah berkunjung, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.